Tips Mempersiapkan Travelling Dadakan

by - January 22, 2020

"Bun, ke Bromo yuk", ajak suami beberapa hari setelah lebaran.

Reaksi saya, pertama senang, karena ini adalah pertama kali kami sekeluarga, utamanya saya dan anak-anak ke Bromo. Kedua, langsung mikir, segala persiapan yang harus segera tersedia, secara dadakan travelling kan ini?

Yes, suami saya, tipe yang suka sekali mengajak liburan secara dadakan. Bisa 2-3 hari sebelumnya, ada ide, langsung ngajak. Di satu sisi, memang seru, tapi di sisi lain kadang bikin ribet. Lah kalau ribet, kenapa gak ditolak aja?

Duh, saya ini penganut aliran yang percaya, namanya tawaran selama itu baik dan positif, sebaiknya disambut dengan positif juga. Belum tentu juga di lain waktu ada kesempatan yang sama seperti sekarang. Ini mumpung anak-anak masih liburan sekolah, suami juga belum masuk kerja, sepertinya travelling dadakan ke Bromo termasuk ide bagus.

Pernah suatu ketika, suami dadakan ngajak ke Bogor. Itu ngajaknya malam hari loh, paginya langsung berangkat. Anak-anak sih hepi banget, saya pun langsung dadakan nyiapin segala macam, apalagi ternyata di tempat tujuan wisata tersebut ada tempat berenangnya. Otomatis harus nyiapin keperluan berenang kan? Anak-anak mana bisa nahan gak nyemplung ke kolam renang kalau liat kolam renang.

Menikah belasan tahun, dengan karakter suami yang suka mendadak ajak kesana dan kemari, otomatis membuat saya makin terlatih mempersiapkan travelling secara spontan. Awal-awal pernikahan, ya sempat syokkk saya, secara saya ini tipe orang yang apa-apa suka pakai rencana. Meski ya kalau kebanyakn rencana, jadinya malah gak jalan-jalan, wkwkwk.

Lalu, apa sih yang sebaiknya kita persiapkan, ketika memutuskan travelling secara mendadak, terutama ketika membawa anak-anak?

Segera Cari Tahu Informasi Tempat Tujuan Travelling Kita

Seperti misalnya, begitu suami ajak ke Bromo, saya langsung search hashtag di instagram yang berkaitan dengan Bromo. Saya klik recent, supaya dapet info terupdate seputar orang-orang yang sudah singgah di tempat tersebut.

Saya juga tanya ke suami, kita mau menginap dimana. Ternyata menginapnya di Hotel Cemara Indah, lalu saya pun langsung searching tentang hotel tersebut, dan mencari info sebanyak mungkin tentang kondisi hotel. Sedetail mungkin karena membawa anak-anak, dan mengkondisikan anak-anak supaya bisa lebih nyaman ketika berlibur.

Saya pun juga teringat, ada seorang sahabat yang pernah liburan ke Bromo sekeluarga. Saya tanyakan kondisi suhu disana, apa yang perlu disiapkan, dan sebagainya.

Outfit Yang Tepat

Ketika dadakan mau berenang ke Bogor, dadakan wisata ke Bromo, ataupun travelling dadakan lainnya ala keluarga kami, tentu saya sebagai Ibunya anak-anak, setelah tau kondisi di tempat wisata. yang dituju, maka berikutnya adalah menentukan outfit atau pakaian yang dikenakan. Jangan sampai salah bawa!

Misal, ketika kami ke Tawangmangu, dan mengingat ini adalah wisata semi outbound, naik turun ribuan tangga, maka saya menyiapkan sepatu sneakers buat saya, suami dan anak-anak.

Begitu pula ketika ke Bromo, langsung sewa jaket ke tempat persewaan anak-anak gunung. Kalau beli jaket-jaket tebal yang buat naik gunung itu, wow harganya lumayan bok! Saya cuma beli buat Sasha, karena memang tidak menemukan ukurannya di tempat persewaan. Jaket untuk Sasha ini harganya di kisaran 100ribuan dari harga normal diatas 200ribuan. Lumayan, pas diskon :D

Nah, ini Ical pakai jaket yang disewa, agak kegedean tapi gak papa lah ya, kalau beli harganya lumayan eui!

Bekal 

Namanya bawa anak-anak, selama di perjalanan pasti pengen ngemil ini dan itu. Otomatis kita juga sebaiknya menyiapkan segala sesuatunya. Bisa sih jajan, tapi saya biasanya mengkombinasikan antara jajan & bawa bekal yang sudah dibikin sendiri di rumah. Yang sederhana aja, seperti sandwich,  jagung rebus, roti isi sosis, dan lain-lain. Intinya yang praktis aja, supaya di perjalanan juga lebih nyaman.

Obat-Obatan

Ini pun jangan sampai kita lupa. Obat-obatan yang simple seperti tolak angin, antimo, minyak angin, obat penurun demam, dll. Misal diperlukan bawa obat-obatan khusus yang biasa diminum anak-anak, juga pastikan dibawa. Karena lebih baik kita bersiap-siap, daripada gedubrak-gedubruk di tempat menginap. Pengalaman, kadang susah juga mencari tempat beli obat ketika tempat penginapan kita jauh dari mana-mana.

Power Bank

Ini pastinya jangan sampai ketinggalan. Kita gak pernah tau, kondisi tempat penginapan itu seperti apa. Kadang perjalanan juga bisa molor beberapa jam. Nah power bank ini salah satu yang cukup penting, karena percaya deh ketika kita bepergian jauh membawa anak-anak, selain bekal Doa yang kenceng, ikhtiar berupa mempertahankan handphone dalam kondisi ON, ini juga bikin kita lebih nyaman menikmati perjalanan, minimal kita bisa pakai hp untuk telpon ketika ada hal urgent terjadi, misal mobil mogok, ban bocor, dll, kita bisa cari bantuan lebih cepat ketika memang berada di jalanan yang jarang dilalui kendaraan lainnya.

Travelling secara dadakan, sebenarnya sah-sah saja, asal kita juga bisa dengan cepat mempersiapkan kebutuhan apa saja selama perjalanan dan setelah sampai ke lokasi yang kita tuju. So, mau pergi kemana nih gaes dalam waktu dekat ini? Udah punya rencana travelling atau pengen yang serba dadakan aja nih?

You May Also Like

10 Comments

  1. waaah jalan-jalan dadakan paing seru dan sedap-sedap gimana gitu bun hehe...
    Bromo masih dingin kah sudah mulai panas sekarang?? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih duinginnnnn pake banget, selama di penginapan gak berani mandi pagi-pagiii, wkwkwk

      Delete
  2. satu lagi..tongsis..biar bisa puasin poto-poto selfi

    ReplyDelete
  3. Wah suka saya dengan tips tipsnya. Jujur paling repot saya kalau bepergian ga bawa powerbank. Karena "nyawa" ada di powerbank utk pesan ojek online. Hehehe. Jadi bener banget itu mba tipsnya kalau mau bepergian jgn lupa bawa power bank. Makasih ya udah diingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa dan sedihnya pas lupa ngecharge power bank sebelum dibawa, hehe

      Delete
  4. Wah beruntung banget punya suami yang sering mengajak traveling dadakan mba. Thank's sharingnya jadi tahu apa saja yang mesti dibawa saat traveling baik dadakan atauoun tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa, Alhamdulillah, makasih sudah berkunjung

      Delete