Wednesday, September 18, 2019

Kuliner Sekitar Pasar Kranggan Jogjakarta Yang Wajib Kamu Datangi!

Pasar Kranggan, pasar yang dekat dengan pusat kota Jogjakarta ini memang letaknya sangat strategis. Setiap orang lewat, pasti bisa langsung mengindentifikasi, "Oh ini pasar'. Meski kehadiran pasar ini juga termasuk yang bikin macet di area jalan raya sekitarnya, maklum parkir yang menumpuk dan kadang butuh 2-3x berputar sampai mendapatkan parkir yang diinginkan.

Pasar yang sudah ada sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda ini semacam selalu hidup. Ramai oleh pengunjung dari pagi mulai menjelang. Dari orang-orang yang mencari kebutuhan sembako, sayur mayur, bahkan koleksi fashion pun bisa kita dapatkan disini. Di area belakang pasar juga ada penjual aksesoris handphone, serta pernak-pernik aksesoris dengan harga cukup murah.




Yang menarik dari Pasar Kranggan yang sangat dekat dengan lokasi dimana Tugu Jogja ini berada, adalah kulinernya. Beragam jajanan berderet baik di area depan hingga dalam pasar.

Pasar Kranggan Jogjakarta, source: detik(dot)com

Beberapa kuliner yang menarik perhatian saya yang pertama dan utama adalah TOKO MADEN. Toko yang menyediakan aneka roti, kue dan jajanan pasar ini memang cukup terkenal namanya. Turun dari parkiran, langsung tanya ke tukang parkir, pasti tahu dimana letak dan arah menuju ke toko tersebut. Saya sendiri, sejak jaman sekolah sering diajak Ibu kesini, dan siomay adalah salah satu makanan yang saya buru. Beda banget rasanya dengan siomay yang pernah saya makan. Bahkan ini makannya bukan dengan bumbu kacang seperti biasa, ada saos tomat tersendiri dan bisa kita cocok. Duh sayangnya pas saya terakhir kesana ngevlog bareng Ical si sulung, pas gak ada siomaynya, jadi gak ada penampakannya deh.

Nah depan Toko Maden persis, ini ada yang jualan lauk pauk, seperti oseng kikil, aneka olahan ayam dan telur, bihun, capcay, oseng teri sampai ke oseng jengkol pun ada. Bener-bener jos gandos pokoknya rasanya! Sayangnya lokasi Pasar Kranggan ini agak jauh dari rumah Ibu saya di Jogja, jadi hanya sesekali aja kesini. Dan tiap ke Kranggan pasti langsung beli lauk pauk super endes ini. Kalau bisa datang lebih pagi, jam 7-8 pagi, saat lauk masih banyak dan lengkap. Kalo diatas jam 10-11 pagi, jangan harap bisa dapet si oseng teri yang auto bikin nambah nasi terus iniiii! :D