Thursday, January 31, 2019

Wisata Kota Tua Jakarta, Ada Apa Saja?

Wisata ke Kota Tua jakarta, artinya bersiap dengan pemandangan eksotis yang membuat kita terpukau dengan arsitektur bangunan tempo dulu.  Apalagi ketika mengunjungi kawasan ini saat musim liburan, seperti saat saya beserta suami dan anak-anak, pengunjung membludak membanjiri kawasan ini.

wisata bersejarah kota tua jakarta

Stasiun Jakarta Kota, Gerbang Menuju Wisata Kota Tua Jakarta

Sama seperti perjalanan ke Bogor, kali ini kami sekeluarga juga menggunakan kereta Commuter Line menuju stasiun Jakarta Kota. Sesampai di stasiun ini, saya cukup terpukau dengan aneka hiasan di dalam stasiun yang masih mempertahankan desain jaman dulu. Ini jarang saya temukan di stasiun lain yang sudah banyak terjamah modernitas. Ya meski tidak bisa dipungkiri, di stasiun Kota Tua juga berjejer resto siap saji yang menggoda lidah para penumpang kereta yang hilir mudik di sepanjang stasiun.

stasiun jakarta tua, mempertahankan eksotisme masa lalu

Bisa dibilang, stasiun jakarta tua ini sebagai salah satu gerbang menuju wisata kota tua. Karena dari stasiun ini, kita cukup berjalan kaki saja menuju aneka wisata di kota tua. Melewati kerumunan pedagang dan manusia yang berjubel, inilah yang membuat kita juga tetap waspada, terutama dengan bawaan yang ada dan juga anak-anak yang ikut serta.

Daya Tarik Wisata Kota Tua

Lalu, apa sebenarnya yang menjadi daya tarik dari wisata kota tua bersejarah yang berlokasi di jakarta barat ini? Meskipun tempat ini berada di tengah hiruk pikuk kota Jakarta, tapi tetap saja punya pesona tersendiri yang memukau banyak orang, termasuk saya, suami dan anak-anak.


1. Wisata Sepeda Onthel

Ketika sampai di kota tua, pemandangan orang-orang bersepeda onthel bersliweran kesana kemari. Langsunglah Sasha heboh, "Bunda aku mau naik sepeda". Lalu kami pun sewa 2 sepeda. Satu untuk Ical dan Sasha, satu lagi untuk saya dan suami.

wisata sepeda onthel kota tua jakarta
Berkeliling sepedahan sambil menemani anak-anak ngeVlog, membuat siang hari yang cukup panas dan ramai waktu itu, berlalu begitu cepat. Yang saya ingat kami bayar 2o ribu rupiah untuk 1 jam, nah durasinya ini saya kok agak lupa ya, 30 menit atau 1 jam gitu? Ada yang tau mungkin?


2. Wisata Museum

Ada beberapa museum sebenarnya di kawasan Kota Tua ini, tapi kami baru sempat mengunjungi 2 museum. Maklum, udah laper berat dan juga kaki lumayan lah gempor, hehe

2 museum yang kami kunjungi adalah Museum Fatahillah dan Museum Bank Indonesia. Dua-duanya sama-sama seru sebenarnya. Hanya saja secara kenyamanan, Museum Bank Indonesia memang terlihat lebih terawat, berAC, dan tertata dengan cantik.

museum bank indonesia - kota tua jakarta
Untuk Museum Fatahillah, sebenarnya menawan dengan suguhan benda-benda masa lalu yang dipajang. Hanya saja, karena kami datang ketika banyak pengunjung, hingga penuh sesak. Dengan tanpa pendingin ruangan atau mungkin saja ada, tapi saking mbludaknya yang masuk, jadi berasa cukup panas.

museum fatahillah - kota tua jakarta
Tapi overall, cukup puas dengan pesona yang ditawarkan di kawasan Kota Tua jakarta ini, dan Insya Allah lain waktu kami pengen datang lagi, dan berkunjung ke beberapa museum serta tempat lain yang belum kami kunjungi.

Sudah pernah berkunjung ke Kota Tua? Apa yang paling menarik menurut teman-teman?


6 comments: