Monday, December 3, 2018

Konsep Buku Solo Perdana, Akan Seperti Apa?

Di postingan sebelumnya, saya masih galau tentang judul apa yang tepat buat rencana buku yang akan saya buat.

Mmm, kira-kira judul apa yang tepat untuk sebuah buku yang berisi tentang travelling, sekaligus perjalanan yang ditempuh seseorang untuk menuju suatu tempat. Sebuah travelling ataupun perjalanan yang bukan sekedar tujuan senang-senang dan hura-hura, tapi juga ada hikmah mendalam di dalamnya.

Seperti misal kompaknya suami istri yang belum dikaruniai anak, dan memilih bahagia dengan rutin travelling setiap tahun. Perjalanan umroh seorang single mom dari rezeki yang datang dengan tidak disangka-sangka. Ataupun cerita seorang anak yang mengayuh sepeda belasan kilometer untuk menuntaskan cita-citanya. Serta aneka cerita perjalanan lain yang mampu menyentuh hati.

Dalam beberapa kali wawancara dengan nara sumber yang akan saya tampilkan dalam buku ini, para narsum ini berujar terharu dan tersentuh dengan apa yang saya tuliskan tentang diri mereka.


Makinlah saya bingung, ini sebaiknya bukunya dikasih nama apa coba? Ok mari kita list beberapa kandidat nama buku tersebut:

1. Travellation
"Travelling & Inspiration"

2. Behind The Journey
"Not Just About Travelling Story

3. Di Balik Layar
"Cerita Perjalanan Penuh Hikmah"

4. Beyond The Travelling Journey
"close to your life, close to your soul"

5. Inside The Travelling
"a half way of happiness is here"

Nah diantara kebingungan dengan judul fixnya apa, pastinya saya akan mengisi buku non fiksi ini dengan melibatkan wawancara dengan beberapa nara sumber, minimal 10-15 orang. Dengan tebal kisaran 100-150 halaman, buku yang memakai bahasa ala-ala chicklit yang renyah, menarik, menggelitik, sekaligus ada bumbu trenyuh di dalamnya, saya harapkan bisa dinikmati oleh kalangan dari berbagai usia.

Karena ini adalah buku travelling, buku perjalanan, maka siapapun bisa membacanya. Bahkan anak usia SMP-SMA pun bisa membaca buku ini, sebagai bahan motivasi. Hingga para IRT, pekerja kantoran pun bisa membaca buku yang saya janjikan akan menguras emosi baik sedih maupun senang.

Konsep secara keseluruhan, saya ingin membuat buku travelling yang bukan hanya sekedar berisi gimana serunya jalan-jalan, gimana asyiknya bepergian entah itu jarak dekat maupun jarak jauh, tapi gimana sebuah buku travelling bisa membuat orang menjadi belajar tentang sosok-sosok yang hadir dalam buku tersebut.

Perihal judul, teman-teman lebih suka yang nomor berapa dari 5 judul yang saya list diatas?




1 comment: