Skip to main content

Wonderful, Itulah Indonesiaku

Buka album foto-foto lama, ternyata e ternyata, isinya banyak juga yang serba jalan-jalan atau piknik ya? Indeed, kami memang keluarga traveller sejati ini, ya maksudnya siapa tahu ada yang mau endorse buat ke Raja Ampat atau Belitong gitu? Hahaha ngarepnya begitu.

Eh tapi diAMINin aja, ya kan? Semua hal itu tidak ada yang kebetulan, pasti ada niat atau terbersit di pikiran terlebih dahulu. Termasuk soal jalan-jalan ini. Wisata buat kami sekeluarga, rata-rata memang pakai niat dan rencana dan ternyata setelah dijalani selama beberapa tahun ini, kami lebih tertarik untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata negeri sendiri. Yang kalau kita bedah pun, gak bakalan habis-habis dari Sabang sampai Merauke.

Beginilah cara kami, menikmati pesona Indonesia. Dari mulai laut hingga pegunungan, semua kami suka. Makin alami tempatnya, makin eksotis tempatnya, makin menantang medannya, maka saya, suami dan anak-anak makin tertarik menjelajahinya.

Ini foto jaman belum ada Sasha, Ical masih berusia dibawah 5 tahun. Waktu itu piknik tanpa suami, karena suami masih kerja di luar Jawa yang memang tidak bisa membawa keluarga. Jadilah kami piknik ramai-ramai bersama Eyang dan Budhe ke Taman Buah Mekarsari. Di taman ini, kita bisa mengeksplor aneka tanaman dan buah-buahan dari seluruh Indonesia.


Kalau ini, jaman saya hamil Sasha, tetep aja yang hamil udah cukup gedhe tapi hobby klayaban dan serba jelajah alam. Ini adalah acara Ical lomba mewarnai dengan mengambil lokasi di Dusun Sambi Sari Jogjakarta. Di tempat ini, bisa mengeksplore banyak hal, mulai dari belajar bercocok tanam, memerah sapi, hingga aktivitas menangkap belut.


Setelah Sasha lahir, aktivitas bertualang terus dilakukan. Mulai dari yang dekat-dekat dan sekiranya cocok untuk seusianya, dimana Sasha juga bisa menikmati situasinya. Seperti waktu kami piknik ke Kebun Binatang Gembiraloka ini. Total sebenarnya sudah 3x kami ke BonBin ini, anak-anak malah 4x dengan kunjungan bersama sekolah. Tapi tetap saja, selalu excited tiap ke sini. Selalu ada binatang baru ataupun hal baru yang ditemukan. Ya itulah inti dari wisata kan? Bertualang dan belajar hal-hal baru yang menarik.


Gardu pandang Ketep, yang dekat dengan Muntilan Jawa Tengah ini, juga sempat kami kunjungi. Ada tontonan seperti bioskop tentang gunung berapi gitu sebenarnya, tapi sayang kami datang terlalu pagi. Tapi gak masalah sih, karena alamnya sendiri cukup indah, udaranya juga sejuk dan segar. Beberapa ke Ketep, kami selalu menjumpai banyak pengunjung, sedihnya kadang tidak peduli dengan kebersihan di sekitarnya, entah itu sampah plastik berceceran ataupun coretan di dinding-dinding batu masih banyak kita temukan. Duh, gemes saya sama tangan-tangan gatel itu! Padahal indahnya suatu tempat wisata kalau kita jaga, kita juga yang senang dan bisa menikmati kan?


Liburan dengan nuansa pegunungan memang menjadi salah satu tempat favorit kami sekeluarga, karena mau main segimanapun, biasanya bebas keringat dan tetap sejukkkk. Seperti saat mengunjungi kawasan Gunung Merapi beberapa bulan setelah meletus besar. Seperti banyak kata orang, Merapi Tak Pernah Ingkar Janji. Dengan aktivitasnya gunung yang masih intens, maka tak heran, jika wilayah sekelilingnya pun tanahnya subur dan menggundang banyak wisatawan.


Bukan hanya pegunungan, wisata air pun jadi favorit keluarga kami, seperti saat kami berwisata di deretan Pantai-pantai di kawasan wonosari Jogjakarta, dan juga arung jeram di Sungai Progo Jawa Tengah. Semuanya seru dan memperkaya wawasan kami tentang wisata Indonesia.



Indonesia memang begitu indahnya, ini saja baru mengeksplore sebagian kecil tempat wisata di Pulau Jawa, haduhhh malah masih seiprit dibanding para traveller blogger lainnya. Dari perjalanan demi perjalanan ini, kami makin bersyukur tinggal di Indonesia yang sangat cantik alam dan panoramanya.

Sayang banget, kalau kita tidak menghargai kecantikan yang ada. Apa nanti yang bisa didapat anak cucu kita nantinya? Hanya cerita tentang indahnya wisata Indonesia saja? 

Gimana kalau kita ikut menjaganya? Dari hal sederhana, tidak membuang sampah sembarangan saat di lokasi wisata. Tidak corat coret di pohon, dinding, atau media apapun di lokasi wisata yang kita kunjungi. Boleh yuk, kita tetap jaga indahnya Indonesia.



Wonderful Indonesia, iya itu benar adanya, Indonesia is wonderful. Impian kami sekeluarga bisa keliling Indonesia dan memperkenalkan betapa super duper beragamnya wisata negeri ini, tanpa harus ke luar negeri pun, kita punya semuanya. Indonesia Kaya. 



Tulisan ini juga saya sertakan dalam Wonderful Indonesia Blog Competition, serta berharap pariwisata Indonesia makin maju dan berkembang. Untuk teman-teman yang juga ingin ikut serta bisa cek infonya melalui https://www.indonesia.travel, melalui link berikut ini https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3 atau boleh baca infonya di poster berikut ini yes!



Saya pribadi sebagai penikmat alam dan keindahan Indonesia, sangat berharap, kita semua bisa menjaganya tetap bersih, aman & nyaman, supaya siapapun yang datang dan berwisata di bumi khatuliswa ini punya cerita dan kenangan, betapa Indonesia begitu wonderfulnya, baik pemandangan, orang-orangnya, hingga bagaimana kondisi lokasi wisatanya.

Jaya terus Indonesia!
You are truly wonderful!





Comments

  1. Keren mbak jalan-jalan selain menyenangkan juga mendidik anak agar cinta alam dan tentu cinta Indonesia ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mb, mengenalkan cintaaaaa negeri dengan cara menyenangkan

      Delete
  2. Seru ya jalan-jalan eksplore pulau Jawa. Disini aja uda indah apalagi indonesia bagian timur sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa mupeng beratt pengen eksplor indonesia bagian timur nihh

      Delete
  3. Keren mbak. Saya jadi terinspirasi untuk mengabadikan acara jalan-jalan kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukkkk mb, infonya juga pasti bisa bermanfaat buat orang lain yang membutuhkan

      Delete
  4. Seru bangeet mbaa travellingnya sama anak-anak 😍

    ReplyDelete
  5. Jaga Negeri kita, sayang kalo dirusak udah wonderful

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, gemes saya kalo masih ada sajaaa yang ngotorin tempat wisata

      Delete
  6. Seru ya mbak jalan-jalan bersama keluarga, fotonya juga keren

    ReplyDelete
  7. Wah bagus ya kalo didokumentasikan.. aku sering lupa dokumentasi

    ReplyDelete
  8. Waaah..seruu.. Jadi pengen petualang, kecuali yg pegang uler😰

    ReplyDelete
  9. Nice!! Btw, gimana rasanya megang ular, Mbak? 😰

    ReplyDelete
  10. Ketika kebanyakan orang lebih excited berlibur keluar Indonesia, eksplore dan membagi kisah seru perjalanan di sana, mungkin mereka lupa, Indonesia punya tempat-tempat cantik dan seru untuk dikunjungi... suka banget sama statement "semakin bersyukur tinggal di Indonesia..." makasih banyak mbak untuk sharingnya~ boleh ya kapan2 konsul tempat wisata (?) Hahaha

    ReplyDelete
  11. Wah keren euy... udah nikah dan ada anak masih bisa eksplore. Susah gak mba? Aku pas udah nikah jadi terbatasi, hehe. Dari tadi tuh aku penasaran sama foto anaknya dikau kaya terbang di gunung pake program apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu fotonya lompat dengan backgroundnya gunung, jadi gak pake aplikasi apapun

      Delete
  12. Kereem mbak ...
    Fotonya kece kece...
    Jadi terinspirasi pgen nulis traveling juga tp blm ada yg bisa di explore,😂

    Salam buat anak anak ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss mb, dari yang terdekat dekat rumah dulu ajaaa

      Delete
  13. Yess ... Wonderfull Indonesia. Saya belum kesampaian mengunjungi Taman Buah Mekar Sari. Ke pantai dan gunung juga suka banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru sekali mbaaa kesana, pengen lagiiii

      Delete
  14. mupeng huhuhu
    aku kapan ya bisa keliling Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah yukkk niatin dulu ajaaa teh, nanti pasti ada jalannya ❤️❤️

      Delete
  15. Seruunya, tapi saya ngilu liat ulernya. Hehe

    ReplyDelete
  16. Asyiik deh bisa travel terus sukses ya buat channel youtube nya

    ReplyDelete
  17. Traveling demenn banget.... Secara dari kecil biasa nomaden 🙈
    Btw, aku belum kelar2 nulis wonderful Indonesia kiye

    ReplyDelete
  18. Betull ya mb Inna..tak akan habis-habisnya kalau mau keliling Indonesia mah...
    Kaya akan alam dan budayanya..

    ReplyDelete
  19. Keren Mba. Menjelajah alam memang menyenangkan ya, apalagi kalau sama keluarga.

    ReplyDelete
  20. Walau rempong tapi jalan2 sm kluarga tetep ug terenakk

    ReplyDelete
  21. Family traveler emang goal banget ya mba untuk masa kini

    ReplyDelete
  22. Mantap, keluarga traveller dan meski sudah punya rencana yah mbak tipa tahun mau kemana. Indonesia memang sangat indah, nggak kalah indah dengan negara tetangga. Beberapa kali saya mengunjungi bebrapa diwilayah Indonesia dan semuanya sangat eksotik, menarik hati untuk selalu ingin berselfie dan mengabadikannya dalam jepretan kamera atau video. Tapi jujur sih mbak, saya kepingin banget ke Eropa, duh kalau liat padang ilalang, hutan, dan perkebunan di sana rasanya kepincut banget. Tapi kapan yah ada kesempatan ke sana... Semoga...

    ReplyDelete
  23. Kayaknya udah ke mana-mana nih Mbak Inna dan keluarga. Saya lupa udah pernah belum ya, ke Taman Bunga Mekar Sari? Hehe ... Saya salut, itu Mbaknya jagoan pegang ular.

    ReplyDelete
  24. Jalan jalan bersama keluarga emng menyenangkan
    Btw mbakny lincah y hamil pun teteup cuzz pergi
    Salut ah

    ReplyDelete
  25. Lengkap euy jalan²nya dari gunung, taman, hingga tepi laut. Seru, semuanya di Wonderful Indonesia...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mic BM 800, Cocok Buat NgeVlog!

Tanpa terasa, project ngeVlog bareng anak-anak mulai masuk bulan ke-3. Sebenarnya sudah kami mulai sekitar 2 tahun lalu, tapi belum terlalu rutin upload kontennya. Barulah 2 bulan belakangan ini, minimal 1 minggu sekali ada materi video baru yang bisa ditonton.

Dengan mengusung nama SADDHA STORY, channel youtube ini berisi tentang 3 materi utama sebagai berikut:
1. Wisata Kuliner atau Makan-Makan
2. Piknik atau Jalan-Jalan
3. Lagu Anak/ Lagu Nasional/ Lagu Daerah
Fokus channel Saddha Story yang digawangi langsung oleh Ical & Sasha ini memang lahir sebagai bentuk keprihatinan, banyaknya channel youtube yang dibawakan anak-anak, tapi isinya kurang ramah anak. Misal hanya sekedar lucu-lucuan saja, tanpa ada unsur edukatifnya.

“Mengupayakan Bahagia” ala Manda Panda

Romantisnya sebuah hubungan suami istri itu seperti apa?
Apakah harus berupa mesra sepanjang waktu? Apakah dengan kirim bunga? Ataukah dengan mengingat hari ulang tahun pasangan dan pernikahan lalu melakukan segala sesuatu bersama di momen spesial tersebut?
Manda dan Panda, begitulah sebutan pasangan ini di dunia maya. Awalnya saya hanya kenal dengan Manda yang kebetulan kami bergerak di komunitas yang sama. Berteman di sosial media, membuat saya “diam-diam” mengenal Panda dalam tiap postingan Manda di sosial medianya. Dari sinilah, saya akhirnya juga tahu bahwa keduanya sering upload kegiatan travellingnya, baik di dalam maupun luar negeri. 
Manda dan Panda, mengukuhkan diri mereka sebagai Indonesian Couple Traveller, setelah sebelumnya jauh di masa mereka masih dalam status “pacar”, suka menikmati kuliner bersama.
Bicara tentang pasangan sehidup semati, bicara tentang dalamnya cinta seorang istri pada suami ataupun sebaliknya, Manda dan Panda adalah salah satu sosok pasangan yang saya k…