Skip to main content

Mic BM 800, Cocok Buat NgeVlog!

Tanpa terasa, project ngeVlog bareng anak-anak mulai masuk bulan ke-3. Sebenarnya sudah kami mulai sekitar 2 tahun lalu, tapi belum terlalu rutin upload kontennya. Barulah 2 bulan belakangan ini, minimal 1 minggu sekali ada materi video baru yang bisa ditonton.


Dengan mengusung nama SADDHA STORY, channel youtube ini berisi tentang 3 materi utama sebagai berikut:

1. Wisata Kuliner atau Makan-Makan

2. Piknik atau Jalan-Jalan

3. Lagu Anak/ Lagu Nasional/ Lagu Daerah

Fokus channel Saddha Story yang digawangi langsung oleh Ical & Sasha ini memang lahir sebagai bentuk keprihatinan, banyaknya channel youtube yang dibawakan anak-anak, tapi isinya kurang ramah anak. Misal hanya sekedar lucu-lucuan saja, tanpa ada unsur edukatifnya. 

Bentuk keprihatinan yang kedua adalah dengan makin merajalelanya anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu dewasa, dan mirisnya beberapa channel youtube anak-anak dengan ratusan ribuan subscribers justru melakukan hal tersebut. 

Menulis di blog ataupun upload video di youtube, tentunya siapapun punya tanggung jawab moral kan? Apapun yang kita sajikan, pasti bisa ditiru oleh yang nonton. Dan penonton youtube channel anak-anak itu siapa? Ya sebagian besar prosentasenya adalah anak-anak.

Atas dasar hal tersebutlah, maka saya & suami yang kebetulan sama-sama punya latar belakang di broadcasting televisi, memutuskan untuk mulai serius membangun channel youtube khusus anak-anak, yang awalnya kami buat hanya untuk mengabadikan aktivitas anak-anak saja.

Nah sembari jalan, kami mencari tahu, alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk memproduksi sebuah Vlog. Kalau jaman kerja di stasiun televisi dulu kan ibaratnya terima beres saja. Tidak perlu memikirkan alatnya darimana, wong sudah disediakan oleh kantor.

Nah masalahnya, kalau mau pakai alat yang sama seperti jaman kerja dulu, waduwwww artinya harus jual rumah ini, hahahha! Secara harga kamera ala-ala tv profesional bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah. Belum lagi lighting dan audionya. Lah, bener bisa berapa sendiri itu kalau ditotal?

Belajar dari para youtuber dan vlogger yang sudah eksis, akhirnya kami menemukan cara mudah dan tentunya murah untuk memproduksi sebuah konten youtube. 



Apa saja nih yang dibutuhkan untuk membuat channel youtube?

1. Akun Youtube
Ya ini pastilah, mau upload video di youtube, artinya kita bikin akun dulu. Nah kalau akunnya pengen bisa mengklaim dengn URL sendiri, seperti www.youtube.com/SaddhaStory, ada syarat minimal 100 subscribers terlebih dahulu.


2. Kreatifitas Konten
Yap, pastikan jangan asal upload, jangan sampai gak punya bahan atau materi yang jelas untuk diupload ke youtube. Posisikan kita seperti penonton acara tv saja, kalau acaranya gak jelas tentunya bikin gak menarik kan? Begitu pula dengan konten youtube, selain kreatif, kita juga perlu belajar bagaimana membuat story board atau urutan ceritanya dengan menarik.


3. Peralatan
Mau sekeren apapun kontennya, tetaplah butuh beberapa peralatan yang menunjang, seperti berikut ini:

a. Smartphone
Tidak perlu muluk dulu harus pakai kamera DSLR atau mirrorless, cukup pakai smartphone yang kita punya saja. Malah untuk smartphone jaman sekarang, terbilang sudah sangat memadai untuk memproduksi sebuah konten youtube. Smartphone juga termasuk kita gunakan untuk prose editing videonya.

b. Lighting
Untuk ngeVlog di luar ruangan, masalah cahaya tidak terlalu masalah, cukup pakai sinar dari matahari saja. Tapi begitu di dalam ruangan, masalah pun muncul, yaitu video jadi gelap dan noise. Untungnya hal ini bisa disiasati dengan mudah, yaitu dengan menggunakan lampu flash dari smartphone berbeda yang sedang tidak dipakai untuk ambil video, atau bisa dengan lampu apapun di dalam rumah seperti lampu belajar dengan sinar putih, dan lain-lain. 

c. Audio
Ketika ngeVlog di tempat wisata atau tempat kuliner, sebenarnya kualitas audio dari smartphone sudah cukup. Tapi ketika kami membuat video clip untuk mendukung lagu-lagu anak yang akan kami tayangnya, ini membuat masalah baru. Karena tentunya butuh suara maksimal, supaya antara piano yang Ical mainkan, dengan lirik lagu yang Sasha bawakan bisa seimbang.


UNTUNGNYA ADA MIC CONDENSER BM 800

Setelah searching dan belajar sana-sini, akhirnya kami menemukan yang namanya Mic Condenser BM 800. Harga terbilang cukup terjangkau diantara aneka mic condenser lainnya. Dan dari review yang kami baca dan kami lihat, hasilnya cukuplah untuk menghasilkan produksi suara yang oke, terutama untuk para youtuber yang sering melakukan Song Cover.

Belinya (lagi-lagi) di Bukalapak. Karena udah males sih nyoba-nyoba aplikasi belanja lainnya. Udahlah cukup aplikasi ini saja di handphone. Mmm bukan males sih, lebih kepada ntar malah jadi pengen belanja muluk :P

Nah seperti ini penampakannya, dan saya juga perlihatkan si penjualnya juga. So far, belanja di Bukalapak selalu cepat sih, paling 2-3 hari udah langsung sampai. Chat ke penjualnya juga sebagian besar cepat-cepat saja menjawabnya.



Mic BM 800 ini cukup dicolokin saja ke smartphone yang kita mau pakai untuk ambil video, atau kalau ada laptop juga bisa sih, tapi saya sendiri kurang paham. Mmm alias masih males lah kalau harus melibatkan laptop. Secara ngeditnya pun juga dari hape itu sendiri. Kalau bisa mudah dan praktis, kenapa dibikin ribet kan? :D

Hasilnya seperti apa? Nah ini nih, bisa simak dan tonton video berikut:


Gimana-gimana untuk mic harga dibawah 500ribuan, lumayan banget ya? 

Sampai hari ini, kami berusaha semaksimal mungkin untuk membuat video terbaik, dan terus memperbaiki kualitas audio dan juga lightingnya. Semoga kehadiran Saddha Story ini selain bisa menjadi rekam jejak Ical & Sasha dalam berkarya dan berekspresi, juga bisa memberikan warna berbeda di dunia vlog anak indonesia serta bermanfaat bagi yang menonton.

Bersyukur banget juga nih, sekarang apa-apa serba mudah, dari mulai ilmu bikin vlog yang tersedia gratis di banyak artikel dan channel youtube, hingga penyedia fasilitas serta peralatan ngeVlog juga banyak tersedia online, seperti di Bukalapak. Kalau ada yang pengen ngeVlog juga bisa nih install aplikasi Bukalapak melalui Playstore atau Apple Store.

Lalu pilih deh di Menu Bukalapak Kategori Gadget, atau bisa search dan ketik saja, misal "mic BM800", nanti banyak tuh pilihan penjualnya.  Intinya mah, Bukalapak cocok banget buat para penggiat Vlog atau siapapun yang pengen mengembangkan hobby/ passionnya

Loh, siapa tahu, dari hobby bisa jadi rejeki? :)

Comments

  1. Keren mbak, terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Saya pernah beli jenis ini ma teman untuk rekam pembacaan puisi. Keren hasilnya

    ReplyDelete
  3. Mbak putranya lucu, cerdas dan berbakat. Aku gak paham dengan alat yang dipakai. Tapi hasilnya ok. Salam buat ical sama sasha

    ReplyDelete

  4. Lihat videonya seru banget ya mbaa, asliii hahaha

    ReplyDelete
  5. Mau ngintip Saddhastory ah...maafkan komennya baru masuk. Td sore error 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yukkk mbaa, intip sekaligus boleh subscribe yaa ☺️

      Delete
  6. Wah harganya buat naksir mba 😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan cuma naksir, yuk segera dipinang juga 😘

      Delete
  7. Keren2 wajib dicoba buat calon vlogger atau youtuber 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yappp dengan versi murah meriah tetap bisa berkarya

      Delete
  8. Ternyata ngga mahal-mahal banget ya mba. Hasilnya pun cukup jernih. Ok. Gagal fokus sama videonya. Lucu bangetttt ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa tante, salam kenal dari Sasha dan Ical

      Delete
  9. Kereeeennnnn. Sukses terus yaa Mbak, biar makin banyak konten kece

    ReplyDelete
  10. Masya Allah, artikel yang kubutuhkan, nih. Udah lama pengen ikutan nge-vlog tapi masih bingung caranya. Terima kasih ya...

    ReplyDelete
  11. Semoga bisa juga ikutan nge-vlog terima kasih mbak

    ReplyDelete
  12. Oh ternyata gitu yah bikin Vlog dan alatnya. Sudah lama sih pingin buat Vlog, dah unduh aplikasi di playstore "Kine master" tapi masih gaptek ga bisa gunainnya...hahaha, Bisa jadi inspirasi nih buat anak-anak di rumah, selain bisa buat nyayi bisa juga buat hafalan surat-surat pake mic pasti mereka seru lakuinnya, insya Allah bulan depan kalau ada rizki mau cari Mic BM 800 sepertinya berkualitas dan harga cukup terjangkau. trims mba sharingnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Bun kalo dalam ruangan dan kebutuhannya untuk cover song sebaiknya pake mic sendiri. Kalo sekedar vlogging biasa tanpa mic juga bisa

      Delete
  13. Super banget deh nih mommy sama kiddos nya

    ReplyDelete
  14. Keren banget bisa kerja sama dgn kiddosnya... ^^

    ReplyDelete
  15. Very noted banget nih mba. Makasih banyak buat sharing nya, banyak banget insight setelah baca artikel nya mba. Semoga Shadda Story semakin naik subscriber nya dengan konten2 yg semakin ciamik

    ReplyDelete
  16. Sukses ya Mbak buat channel-nya, jadi terinspirasi untuk bikin juga hehee

    ReplyDelete
  17. Mungkin saya kurang update. Ngevlog seru, ya. Lanjutkan ngevlognya. Suka 😍

    ReplyDelete
  18. Wah saya ada wacana beli mic juga nih buat bikin podcast. Kayanya harus segera deh biar ngga ketunda-tunda muluk rencananya ahaha

    ReplyDelete
  19. Info bagus mb.. Jd tahu pernak-pernik buat nge-vlog. Meskipun jujur blm PD buat nge-vlog..hihi.. Harus sering mampir ke sini ni, biar tmbh ilmu

    ReplyDelete
  20. Wow..malah murah beli full set ya mb,sip nih siap infonin anak lanang swcara sukanya beli satu-satu..🙏

    ReplyDelete
  21. kan jadi pengen nge-vlog aku jadinya

    ReplyDelete
  22. keren deh, apa aja dicobain. semangat mbak

    ReplyDelete
  23. Setuju kak, apa yg kita upload seyogyanya mengandung nilai2 moral utk audiens.
    Aku suka gaya sasha yg natural. Klo ical kalemmmm & cool 😘

    Maju terusss Saddha Story

    ReplyDelete
  24. Seru banget bisa ngevlog bareng keluarga. Sukses terus, ya mbak!

    ReplyDelete
  25. Makasih tipsny mb
    Slama ini masih suka ngrekam trus aplod d wa story
    Blom kpikiran d yutub
    Masih maluuu hahahh

    ReplyDelete
  26. Wah infonya menarik banget mbak. Jadi tahu ada mic semurah ini 🤩

    ReplyDelete
  27. Asyiknya punya channel youtube bareng anak-anak...
    Semakin ditekuni, juga semakin butuh gear yang tepat yaa, soalnya gear juga mempengaruhi kualitas output...

    ReplyDelete
  28. Keren mbak idenya, bikin channel yutub khusus anak-anak. Jadi pengen belajar ngevlog nih sama mbak Inna. Privat, ya mbak? Qiqiqi

    ReplyDelete
  29. Yeaaaaaaayy akhirnya bisa tau ada solusi mic ini, makasih yaa mama Innaaa, semoga kiddos semakin mantul ngvlognya yaaaaa

    ReplyDelete
  30. aq pngn bngt bljr ini, tips ini aq cb nnti mb hehehe.. sbb arah youtubers mulai kenceng terendus

    ReplyDelete
  31. Perlu disimpen ini tulisannya, sapa tau daku nanti mau ikutan. Eaaaa.

    ReplyDelete
  32. Wah Mic bm 800 nih aku juga pengen punya mbak

    ReplyDelete
  33. Kece sekali, Mbak..sayang saya nggak jago ngevlog, pegang mic aja grogi :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

“Mengupayakan Bahagia” ala Manda Panda

Romantisnya sebuah hubungan suami istri itu seperti apa?
Apakah harus berupa mesra sepanjang waktu? Apakah dengan kirim bunga? Ataukah dengan mengingat hari ulang tahun pasangan dan pernikahan lalu melakukan segala sesuatu bersama di momen spesial tersebut?
Manda dan Panda, begitulah sebutan pasangan ini di dunia maya. Awalnya saya hanya kenal dengan Manda yang kebetulan kami bergerak di komunitas yang sama. Berteman di sosial media, membuat saya “diam-diam” mengenal Panda dalam tiap postingan Manda di sosial medianya. Dari sinilah, saya akhirnya juga tahu bahwa keduanya sering upload kegiatan travellingnya, baik di dalam maupun luar negeri. 
Manda dan Panda, mengukuhkan diri mereka sebagai Indonesian Couple Traveller, setelah sebelumnya jauh di masa mereka masih dalam status “pacar”, suka menikmati kuliner bersama.
Bicara tentang pasangan sehidup semati, bicara tentang dalamnya cinta seorang istri pada suami ataupun sebaliknya, Manda dan Panda adalah salah satu sosok pasangan yang saya k…

Wonderful, Itulah Indonesiaku

Buka album foto-foto lama, ternyata e ternyata, isinya banyak juga yang serba jalan-jalan atau piknik ya? Indeed, kami memang keluarga traveller sejati ini, ya maksudnya siapa tahu ada yang mau endorse buat ke Raja Ampat atau Belitong gitu? Hahaha ngarepnya begitu.

Eh tapi diAMINin aja, ya kan? Semua hal itu tidak ada yang kebetulan, pasti ada niat atau terbersit di pikiran terlebih dahulu. Termasuk soal jalan-jalan ini. Wisata buat kami sekeluarga, rata-rata memang pakai niat dan rencana dan ternyata setelah dijalani selama beberapa tahun ini, kami lebih tertarik untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata negeri sendiri. Yang kalau kita bedah pun, gak bakalan habis-habis dari Sabang sampai Merauke.

Beginilah cara kami, menikmati pesona Indonesia. Dari mulai laut hingga pegunungan, semua kami suka. Makin alami tempatnya, makin eksotis tempatnya, makin menantang medannya, maka saya, suami dan anak-anak makin tertarik menjelajahinya.

Ini foto jaman belum ada Sasha, Ical masih berusia dibawa…