Skip to main content

“Mengupayakan Bahagia” ala Manda Panda

Romantisnya sebuah hubungan suami istri itu seperti apa?

Apakah harus berupa mesra sepanjang waktu? Apakah dengan kirim bunga? Ataukah dengan mengingat hari ulang tahun pasangan dan pernikahan lalu melakukan segala sesuatu bersama di momen spesial tersebut?

Manda dan Panda, begitulah sebutan pasangan ini di dunia maya. Awalnya saya hanya kenal dengan Manda yang kebetulan kami bergerak di komunitas yang sama. Berteman di sosial media, membuat saya “diam-diam” mengenal Panda dalam tiap postingan Manda di sosial medianya. Dari sinilah, saya akhirnya juga tahu bahwa keduanya sering upload kegiatan travellingnya, baik di dalam maupun luar negeri. 
https://www.instagram.com/imasatrianto/

Manda dan Panda, mengukuhkan diri mereka sebagai Indonesian Couple Traveller, setelah sebelumnya jauh di masa mereka masih dalam status “pacar”, suka menikmati kuliner bersama.

Bicara tentang pasangan sehidup semati, bicara tentang dalamnya cinta seorang istri pada suami ataupun sebaliknya, Manda dan Panda adalah salah satu sosok pasangan yang saya kagumi. Tidak harus mengumbar mesra berlebihan, tidak harus menunjukkan hal-hal bombastis tentang rasa cintanya. 
Caranya, cukup dengan jalan-jalan berdua, menikmati keindahan alam berdua. Dalam sebuah kesempatan, Manda bertutur bahwa dengan Allah belum memberikan karunia untuknya dan Panda, bukan berarti ini sebuah alasan untuk tidak bahagia.

Mengatur jadwal travelling di hari-hari khusus seperti ulang tahun Manda atau Panda, ataupun dalam rangka anniversary pernikahan mereka, adalah salah satu untuk menguatkan kebahagiaan dalam berumah tangga.

Panda tipe yang lurus, prefer travelling ke tempat yang pernah dikunjungi, kalau sudah kesengsem dengan salah satu tempat, maka akan kesitu lagi dan lagi. Manda sebaliknya, lebih memilih eksplor tempat baru yang lebih menarik dan menantang.

https://www.instagram.com/imasatrianto/

Manda si Pisces, Panda si Cancer, satu ikan, satu kepiting. Dua kepala berbeda, dua pemikiran berbeda. Tapi ternyata dengan perbedaan ini, membuat mereka kompak sebagai pasangan. Termasuk dalam hal kecintaan dengan pantai, dengan segala pesona dan debur ombak lautan. 

https://www.instagram.com/imasatrianto/

Bukan hanya pantai, wisata pegunungan juga menjadi daya tarik yang memikat pasangan ini. Mengajak orang-orang yang disayang, terutama kedua orang tua, merupakan target tersendiri untuk Manda dan Panda. Inilah cara mereka untuk bahagia dan juga membahagiakan orang-orang yang mereka cintai dan telah berjasa dalam hidup mereka.

Dalam sebuah wawancara, Manda dengan gaya khas bicaranya yang ceplas-ceplos, bercerita tentang Bali sebagai destinasi wisata yang tidak pernah bikin bosan, yang ingin selalu dikunjungi kembali. Apalagi Lombok, dengan suguhan eksotisme privacy yang tinggi, menjadi lokasi yang sangat tepat untuk mengenal sosok pasangannya. Begitu juga dengan keindahan Belitung nan menawan, berhasil menggoda Manda dan Panda untuk singgah di pulau tersebut.

https://www.instagram.com/imasatrianto/

Manda menambahkan, bisa jadi selama ini sesama pasangan itu terlalu sibuk. Travelling adalah sebuah momentum. Pasti ada tersesatnya. Pasti ada merasakan lapar berdua. Yang mana hal-hal unik dalam tiap travelling, membuat pasangan makin dekat. Ketika makan di rumah, kadang makannya sendiri-sendiri. Bisa saja asyik dengan gawai masing-masing, tapi begitu travelling, maka susah senangnya perjalanan dinikmati berdua, lapar bersama, kenyang bersama.

Manda adalah seorang blogger, rajin menulis kegiatannya melalui blog www.CeritaManda.com dan sejak menikah pun sudah mempunyai blog www.tamasyaku.com untuk memuat kisah travelling mereka berdua sejak 2008. 

https://www.instagram.com/imasatrianto/

Eropa adalah salah satu travelling berkesan buat Manda dan Panda, saat Manda studi di Jerman. Benua dengan 4 musim ini, hingga sekarang, membuat pasangan traveller ini ingin kembali kesana dan mengeksplor lebih banyak lagi.

https://www.instagram.com/imasatrianto/

Tentu saja, travelling paling berkesan adalah ketika pergi bersama keluarga. “Ketika kita mengeluh tentang kondisi sebuah perjalanan wisata, pertanyaannya adalah kita pergi bersama siapa?”, ujar Manda. 


https://www.instagram.com/imasatrianto/

Iya, bahagianya Manda dan Panda adalah travelling dengan mengajak serta orang-orang tersayang. Bahagia adalah sebuah pilihan. Manda menyebutnya dengan “Mengupayakan bahagia”. 


https://www.instagram.com/imasatrianto/

“Ketika banyak cara orang mengupayakan untuk terlihat bahagia, kita tidak perlu lagi meniru cara orang lain bahagia. Meniru berbeda dengan menduplikasi. Jika meniru, bahagia akan menjadi beban, karena bisa jadi bahagia orang lain tidak sesuai dengan bahagia kita. Namun, jika menduplikasi bahagia, disitulah kita berhasil mencreate bahagia versi kita, terinspirasi dari apa yang membuat orang lain bahagia. Sehingga kita bisa bahagia sesuai dengan versi kita” (Ima “Manda” Satrianto).
Sudahkah hari ini, kita mengupayakan bahagia? Let’s create our own happiness.

Comments

  1. Alhamdulillaaaaahh, diberi nikmat sehat hari ini dan bahagia bisa sarapan pagi penuh cinta. Tulisannya mewakili banget seorang Manda dan Panda, lets create our own happiness. Laaaaafff mama Inna 😍😍😍😍

    ReplyDelete
  2. Let's create our own happiness... Sukaaaa 😍😍

    ReplyDelete
  3. Inspiratif sekali kisahnya Mba Ima Mandapanda ini, mba Inna. Thanks for sharing 😊

    ReplyDelete
  4. Wah.. Asyik sekali bisa traveling berdua.. :)

    ReplyDelete
  5. Panggilannya unyu banget maasyaAllah 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jadi pengen bikin panggilan juga nih, cixiixiii

      Delete
  6. Setuju banget dengan kutipan terakhirnya mbak, kita bisa bahagia sesuai dengan versi kita.

    ReplyDelete
  7. Bahagia itu sederhana ya mbak dan yg paham apa itu bahagia adalah diri sendiri bukan penilaian orang lain

    ReplyDelete
  8. Hihihi aku kok klo traveling bareng ada aja moment berantemnya yang parah...wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaha ini mah namanya berantem berantem mesraaaaa mb

      Delete
  9. Traveling bareng pasanangn emang seru abissss

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Bangetttt, apalagi bisa ajak orang orang tercintaaa

      Delete
  11. Ya ampuun, so sweet bangett mbaa. Goals couple ya mbaa 😍😍

    ReplyDelete
  12. Awww... Jadi baper bacanyaa. .
    Bener banget ya..
    Bahagia emang harus diupayakan, tak perlu meniru orang lain.
    Malah bikin terbebani.

    Salut padamu mbaakk, keren2 mah ini sosok2 inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa bahagia dengan versi kitaaaa sendiri y Rey

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mic BM 800, Cocok Buat NgeVlog!

Tanpa terasa, project ngeVlog bareng anak-anak mulai masuk bulan ke-3. Sebenarnya sudah kami mulai sekitar 2 tahun lalu, tapi belum terlalu rutin upload kontennya. Barulah 2 bulan belakangan ini, minimal 1 minggu sekali ada materi video baru yang bisa ditonton.

Dengan mengusung nama SADDHA STORY, channel youtube ini berisi tentang 3 materi utama sebagai berikut:
1. Wisata Kuliner atau Makan-Makan
2. Piknik atau Jalan-Jalan
3. Lagu Anak/ Lagu Nasional/ Lagu Daerah
Fokus channel Saddha Story yang digawangi langsung oleh Ical & Sasha ini memang lahir sebagai bentuk keprihatinan, banyaknya channel youtube yang dibawakan anak-anak, tapi isinya kurang ramah anak. Misal hanya sekedar lucu-lucuan saja, tanpa ada unsur edukatifnya.

Wonderful, Itulah Indonesiaku

Buka album foto-foto lama, ternyata e ternyata, isinya banyak juga yang serba jalan-jalan atau piknik ya? Indeed, kami memang keluarga traveller sejati ini, ya maksudnya siapa tahu ada yang mau endorse buat ke Raja Ampat atau Belitong gitu? Hahaha ngarepnya begitu.

Eh tapi diAMINin aja, ya kan? Semua hal itu tidak ada yang kebetulan, pasti ada niat atau terbersit di pikiran terlebih dahulu. Termasuk soal jalan-jalan ini. Wisata buat kami sekeluarga, rata-rata memang pakai niat dan rencana dan ternyata setelah dijalani selama beberapa tahun ini, kami lebih tertarik untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata negeri sendiri. Yang kalau kita bedah pun, gak bakalan habis-habis dari Sabang sampai Merauke.

Beginilah cara kami, menikmati pesona Indonesia. Dari mulai laut hingga pegunungan, semua kami suka. Makin alami tempatnya, makin eksotis tempatnya, makin menantang medannya, maka saya, suami dan anak-anak makin tertarik menjelajahinya.

Ini foto jaman belum ada Sasha, Ical masih berusia dibawa…