Monday, November 5, 2018

Eksplorasi Negeri Sendiri Atau Jalan-Jalan Ke Luar Negeri?

Era serba mudah terbang kemana saja, baik dalam dan luar negeri ini, tampaknya membuat beberapa orang atau tepatnya beberapa keluarga, menjadi latah untuk makin sering jalan-jalan.

Yes, makin jauh perginya, makin kekinian lokasinya, makinlah strata sosial seseorang beserta dengan keluarganya, menjadi naik di mata para penikmat sosial media.

Ke luar negeri, siapa sih yang gak mau? Eh atau bener ada yang gak pengen? Mmm, saya sih dulu pengen banget, sekarang? Ya masih lah! Hahaha. Hanya saja sejak menikah dengan Pak Suami yang seorang adventurer sejati, hobby arung jeram sementara istrinya hobby motretin aja atau PakSu yang hobby naik gunung, saya milih makan di warung di kaki gunung :D

Oke oke, singkat cerita, sejak menikah dengan pria yang demen banget sama pemandangan alam ini, tanpa terasa nular juga ke saya. Hya hyaa hyaa, jadilah saya ikutan juga yang namanya arung jeram, tapi masih keki ditawarin naik gunung. Hwaaaa, gak kebayang gimana rasanya.



Aktivitas outdoor suami, ternyata bikin saya jadi suka dengan keindahan alam. Terutama Indonesia. Iya sih, teteplah mupeng bawa anak-anak ke luar negeri, tapi justru sekarang tantangannya, gimana caranya membawa anak mencintai indahnya negeri ini. Gak abis-abis loh! Bayangkan, dari Sabang sampai Merauke. Berjuta-juta pesona budaya, keragaman tanaman dan bunga-bunga yang cantik, hingga aneka kuliner dengan cita rasanya masing-masing.

Sekarang itu lebih mupeng, ketika lihat teman jalan-jalan ke Belitung, hwaaaa pengen juga pepotoan di objek-objek wisata yang terkenal karena pembuatan Film Laskar Pelangi itu. Lihat ada teman-teman yang motret seru di Tanah Toraja, eeee lah kok ya pengen juga kesana.

Ada apa dengan saya? Yang semula sok pengen liburan ke negeri para bule, sekarang luluh ingin eksplorasi negeri Khatulistiwa ini.

Padahal ya, travelling ke negara-negara tetangga Indonesia itu, malah bisa lebih murah dibanding keliling Indonesia. Gak percaya? Cek saja tiket penerbangan Indonesia-Singapura/ Malaysia, bandingkan kalo kita pengen menikmati pesona Raja Ampat yang terkenal dengan wisata laut yang begitu menarik!

Iya, rata-rata lokasi wisata Indonesia yang masih alami, memang cukup jauh jangkauannya. Akses transportasi terbatas, jadilah bikin lebih mahal.

Saat masih SMA dulu, pernah travelling ke Bali bersama Kakak saya almarhum, kami sempat melakukan mmm apa itu namanya, naik kapal semacam kapal selam, masuk ke dalam air, dan kita bisa melihat ikan dan segala keindahan panorama lain dari kapal kaca tersebut. Saat asyik menikmati pemandangan, sopir kapal bilang, "Jarang loh orang Indonesia kesini, biasanya bule-bule".

Haiyaaa, secara mahallll cinnn! Alhamdulillah, saya pernah ikut merasakan dan gratisan ditraktir jalan-jalan sama kakak sulung saya yang sudah meninggal beberapa tahun lalu ini.

Sekarang mah, yang terpatri banget itu, pengen ajak anak-anak jalan-jalan mengeksplor yang ada di Indonesia. Halah, gak usah jauh-jauh dulu, aneka wisata di Jogjakarta ini saja, masih banyak yang belum kami kunjungi.

Bismillah kalo ada rejeki, tentunya kami sekeluarga lebih memilih untuk wisata dan kulineran di negeri sendiri dulu. Ke luar negeri? Boleh boleh, ada yang mau sponsorin? :D

#NonFiksi #ODOPBatch6

24 comments:

  1. Aku kalau punya uang, pengin keliling Indonesia. Habis itu ke luar negeri :D

    ReplyDelete
  2. duh enaknya, dapet pasangan yg suka traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, membuat saya lebih mencintai bumi☺

      Delete
  3. Saya mau traveling keliling Indonesia mba, tapi justru belum ada rezekinya. Memanfaatkan yang jadi rezeki dan kesempatan yang ada dulu aja 😊

    ReplyDelete
  4. Kangen traveling... akhir tahun 2016 jalan-jalan ke Jogja, Jember dan Bali (meski di Bali cuma sehari semalam). Traveling selalu menyenangkan 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betul, menyenangkan sekaligus harus rajin cari duitnya 🤣🤣

      Delete
  5. Wah jadi ingin traveling juga nih mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk yukkk mb, yang deket deket di kota sendiri juga bisaaa

      Delete
  6. I love travelling 😍😍😍😍

    ReplyDelete
  7. Iya... jelajahin dulu negeri sendiri, kota sendiri
    Indonesia alamnya uar biasa

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaykum, salam kenal mba
    mba, kekalimantan barat dong xD

    Haha, saya juga pengen banget bisa travelling, tapi belum ada pasangannya xD perempuan kan ga boleh jauh jauh sendiiri :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaa mau bangettt, dulu pernah tinggal di kalimantan selatan, kangennn pengen ke borneo lagi

      Delete
  9. You have a lovely family, Mbak. Sekeluarga senang traveling, kesempatan pasti selalu ada. Kan jadi pengen ikutan yha

    ReplyDelete
  10. Yessaa hobbi Kita samaaaaa😍😍😍

    ReplyDelete